Sabtu, 01 September 2012

Cara Mengetahui Pengisian Palsu (Fake Charging)



Cara Mengetahui Pengisian Palsu (Fake Charging) 
 
Apa yg dimaksud dgn fake charging?
Fake charging adalah sebuah kondisi dimana proses pengecasan pada handphone dapat berjalan (indikator carger pada layar hp berjalan) tetapi baterai tidak kunjung penuh atau tidak penuh-penuh walaupun telah di carger beberapa jam lamanya. Padahal charger dan baterai hp dalam kondisi yg bagus. Hal ini biasanya disebabkan bagian control charging yang sudah tdk bekerja dgn baik ataupun bisa dari ic chargingnya, kapasitor yg rusak, ic powernya dan kemungkinan yang lainnya.
Nah, untuk mengetahui kondisi seperti itu kita dapat melakukan cara yang simple sehingga kita bisa tahu apakah baterai hp yang sedang di cas itu bisa terisi atau tidak?

Sekedar berbagi pengalaman adapun caranya adalah sbb :
- Potong kabel charger, terserah mau yang baru ataupun yang sudah rusak. Yang penting kabelnya masih bagus dan tidak putus jalur.
- Kemudian charger yang sudah dipotong itu ada 2 kabel,sambung  ke Power Supply (PS) sesuai kutubnya, kutub positif carger pada positif PS. Dan kutub negatif carger pada negatif PS.
- Setting output power supply di 5 s/d 6v (batre ponsel dipasang..) kemudian cargerkan  hpnya.

Perhatikan :
- Apabila jarum ampere (A) pada power supply itu bergerak naik sewaktu hp di cas, bisa dipastikan bahwa baterai ponsel bisa terisi penuh.
- Akan tetapi apabila jarum ampere (A) pada power supply tidak bergerak naik alias diam saja sewaktu hp di carger, kondisi ini berarti baterai ponsel tidak akan bisa terisi walaupun indikator batere di layar hp jalan waktu di cas alias fake charging.
Untuk solusi selanjutnya, baru deh kita eksekusi hpnya...
Mohon maaf bila dalam penjelasannya kurang memuaskan.

Klik Thanks bila artikel ini bermanfaat untuk anda.
Never Too Late To Learn.
Wassalam.

3 komentar:

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

terus solusinganya gimana itu gan ??
mohon infonya..

Posting Komentar

 

Get paid to share your links!